Entri Populer

Selasa, 30 September 2014

Hemoroid



Makalah  Seminar Biologi
PENYEBAB PENYAKIT HEMOROID (AMBEIEN)



PEMRASARAN                    : SITI LESTARI
MODERATOR                      : MUSTIKA SARI TUMANGGER
PEMBANDING UTAMA     : MARTINA NAINGGOLAN
NOTULEN                             : RINA MARIANA SILABAN



FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2014



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya Penulis dapat menyelesaikan makalah seminar biologi yang berjudul “Penyebab Penyakit Hemoroid (Ambeien)”. Terwujudnya makalah seminar biologi ini tidak terlepas dari bimbingan dan dorongan serta arahan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Maka dengan kesempatan ini, Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Dra. Masdiana Sinambela. M.Si selaku dosen mata kuliah Seminar Biologi yang telah membimbing Penulis dalam menulis makalah ini. Adapun isi dari makalah ini membahas tentang pengertian penyakit hemoroid, jenis-jenis penyakit hemoroid, penyebab penyakit hemoroid, gejala penyakit hemoroid, serta mengatasi, mengobati dan menyembuhkan penyakit hemoroid.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, baik dalam penulisan materi maupun isi yang disajikan. Oleh karena itu, Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata Penulis meminta maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Medan, 6 Mei 2014
                   Penulis     
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR                                                                                              i
DAFTAR ISI                                                                                                             ii
DAFTAR GAMBAR                                                                                                           iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang                                                                                                     1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penyakit Hemoroid                                                                             2
2.2 Jenis-jenis Penyakit Hemoroid                                                                              3
2.2.1 Hemoroid Interna                                                                                              3
2.2.2 Hemoroid Eksterna                                                                                            4
2.3 Penyebab Penyakit Hemoroid                                                                             5
2.4 Gejala Penyakit Hemoroid                                                                                    5
2.5 Mengatasi, Mengobati dan Menyembuhkan Penyakit Hemoroid                                    6
BAB III PENUTUP
3.1. Simpulan                                                                                                              9
DAFTAR PUSTAKA                                                                                          11
  



DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1 Penyakit Hemoroid                                                                                 2
Gambar 2.2 Hemoroid Internal dan Eksternal                                                            3
Gambar 2.3 Hemoroid Interna Derajat 1- 4                                                                4
Gambar 2.4 Bahan Obat Herbal Hemoroid                                                                7



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Latar belakang saya menulis makalah dengan judul  “Penyebab Penyakit Hemoroid (ambeien)” ini adalah untuk  memenuhi tugas mata kuliah Seminar Biologi, untuk menambah ilmu mengenai penyakit hemoroid, dan untuk mencari tahu apa saja gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hemoroid.






















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Hemoroid
            Nama lain hemoroid = piles = wasir = ambeien. Hemoroid berasal dari kata Yunani , haemorrhoides yang berarti darah yang mengalir (haem = blood, rhoos = flowing). Istilah piles berasal dari kata latin, pila yang berarti pil atau bola. Jadi memang tepat kedua istilah tersebut, karena selain ada perdarahan, penyakit ini ditandai dengan adanya/keluarnya benjolan. Di Indonesia disebut wasir, sedangkan ambeien berasal dari kata Belanda ‘ambeijen’ (diambil dari kata buah arbij).
Gambar 2.1 Penyakit Hemoroid
 (https://www.google.com/search?q=wasir+hemoroid &client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&channel)
            Hemoroid adalah pembengkakan atau distensi vena di daerah anorektal. Sering terjadi namun kurang diperhatikan kecuali kalau sudah menimbulkan nyeri dan perdarahan. Istilah hemoroid lebih dikenal sebagai ambeien atau wasir oleh masyarakat awam. Penyakit hemoroid ini tidak hanya memberikan rasa sakit pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit hemoroid. Pada penderita hemoroid umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik.
2.2 Jenis-Jenis Hemoroid
Pada dasarnya hemoroid di bagi menjadi dua, yaitu :
Gambar 2.2 Hemoroid Internal dan Eksternal
(https://www.google.com/search?q= hemoroid+internal+eksternal&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&channel)

2.2.1 Hemoroid Interna
Merupakan varises vena hemoroidalis superior dan media. Terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti hemoroid eksterna. Gejala-gejala dari hemoroid interna adalah pendarahan tanpa rasa sakit karena tidak adanya serabut-serabut rasa sakit di daerah ini. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir. Hemoroid interna terbagi menjadi 4 derajat :
a)      Derajat 1
Pada tahap pertama tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.
b)      Derajat 2
Pada tahap ke 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.


c)      Derajat 3
Pada tahap ke 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
d)     Derajat 4
Pada Tahap  ke-4, Ambeien/Wasir akan terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuknya akan mulai tampak jelas bahkan sedemikian besarnya dapat membentuk lingkaran disekitar lubang dubur.
Untuk tingkat stadium penyakit Ambeien/Wasir khususnya Wasir yang berada didalam sulit diketahui apakah tingkat dari besarnya wasir sudah memasuki stadium 1, 2 , 3 atau 4. Karena ukuran besar dan kecilnya Ambeien/Wasir tidak akan tampak seluruhnya.
Gambar 2.3 Hemoroid Interna Derajat 1-4
(https://www.google.com/search?q= hemoroid+interna+derajat 1-4&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&channel)
2.2.2 Hemoroid Eksterna
Merupakan varises vena hemoroidalis inferior yang umumnya berada di bawah otot dan berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal. Hemoroid eksterna jarang sekali berdiri sendiri, biasanya perluasan hemoroid interna. Tapi hemoroid eksterna dapat di klasifikasikan menjadi 2 yaitu:
1. Akut
Bentuk akut berupa pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus dan sebenarnya adalah hematom, walaupun disebut sebagai trombus eksterna akut. Tanda dan gejala yang sering timbul adalah : Sering rasa sakit dan nyeri serta rasa gatal pada daerah hemoroid.
2. Kronik
Hemoroid eksterna kronik atau “Skin Tag” terdiri atas satu lipatan atau lebih dari kulit anus yang berupa jaringan penyambung dan sedikit pembuluh darah.
2.3 Penyebab Penyakit Hemoroid
            Ambien terjadi karena kebiasaan mengejan saat buang air besar, terlalu banyak duduk atau berdiri, kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, dan dapat terjadi juga pada wanita hamil.
Kebanyakan yang menderita penyakit  hemoroid disebabkan oleh :
1. Pekerja yang duduk disatu tempat berjam-jam
2. Ngeden (ngejan) pada saat buang air besar (susah buang air besar)
3. Duduk di toilet sambil membaca (lama)
4. Diare
5. Sewaktu kehamilan/setelah melahirkan
6. Sering angkat berat
7. Pola makan yang kurang teratur
8. Kurang asupan serat (sayur dan buah-buahan)
9. Faktor Keturunan

2.4 Gejala Penyakit Hemoroid
            Pada penderita hemoroid umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita hemoroid parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan hemoroid yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu hemoroid perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati. Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang anda derita karena anda bisa dibuat menderita seumur hidup oleh hemoroid yang tidak ditanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya.Gejala-gejala yang ditimbulkan seperti:
1. Pendarahan pada saat buang air besar
Pendarahan dapat terlihat dari tinja yang mengandung darah, bercak darah pada tisu kamar mandi atau air kakus menjadi merah,
2. Gatal Pada anus
Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien, dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan
3. Timbulnya Rasa Nyeri
Rasa nyeri  terjadi bila permukaannya yang sudah membengkak terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.
2.5 Mengatasi, Mengobati dan Menyembuhkan Penyakit Hemoroid
            Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter.
1. Jalankan pola hidup sehat
2. Olah raga secara teratur
3. Makan makanan berserat
4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc/toilet
5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll
6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar
7. Minum air yang cukup
8. Jangan menahan kencing dan berak
9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan
10. Jangan mengejan/mengeden/ngeden berlebihan
11. Jika tidak ingin BAB jangan dipaksa
12. Duduk berendam pada air yang hangat
13. Minum obat sesuai anjuran dokter
Cara mengobati penyakit hemoroid dapat dilakukan dengan obat herbal, obat herbal ini telah di teliti dengan berbagai macam penelitian baik itu di bidang tropis maupun di bidang bioteknologi yang terjamin segala mutu dan kualitasnya sehingga tidak di ragukan bila di jadikan sebagai obat penyakit hemoroid. Bahan utama obat herbal ini yaitu ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak. Kedua bahan tersebut dapat berperan aktif dalam mengobati penyakit hemoroid yang disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh balik atau pembuluh vena yang berada disekitar anus yang ditimbulkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah sehingga darah bertumpuk dan menimbulkan pembengkakan.
  
Gambar 2.4 Bahan Obat Herbal Hemoroid
(https://www.google.com/search?q= bahan+obat+herbal+hemoroid&client=firefox-a&rls=org.mozilla:en-US:official&channel)
Fakta ilmiah dari khasiat kulit manggis berperan dalam pengobatan berbagai macam penyakit terutama ambeien/hemoroid. Hasil penelitian di tokyo pada tahun 2003, menunjukkan bahwa antioksidan xanthone dalam manggis juga memiliki efek anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC) dan Staphylococcus aureus (penyebab infeksi dan gangguan pencernaan). Ekstrak kulit manggis juga dipercaya dapat mengobati arthritis, asma, Alzheimer, alergi, dyspepsia (gangguan pencernaan), jerawat, dan eksim. Beberapa penelitian tentang manfaat senyawa xanthone pada obat herbal ace maxs memperlihatkan bahwa xanthone bersifat antimikroba terhadap MRSA (methicillin resistant staphylococcus aureus), yaitu bakteri yang telah kebal terhadap obat antibiotic yang dapat menyebabkan infeksi parah. Selain dari pada itu, didalam ekstrak daun sirsak juga memiliki sifat untuk mengecilkan selaput lendir, menekan peradangan dan mengurangi rasa nyeri karena memiliki senyawa penting seperti fruktosa, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, dan Vitamin B, kemudian senyawa golongan tanin, fitosterol, dan alkaloida, serta asetogenin. Dengan demikian obat herbal campuran dari kedua bahan ini dapat menyembuhkan secara perlahan namun berakhir dengan kesembuhan yang maksimal.
Cara pemanfaatan kulit manggis dan daun sirsak :
·       Cuci bersih kulit buah manggis dan daun sirsak, kemudian potong kulit 2 butir buah dan  5 lembar daun sirsak. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas
·       Air rebusan disaring.
·       Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2-3 kali sehari.
















BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
            Hemoroid adalah pembengkakan atau distensi vena di daerah anorektal. Sering terjadi namun kurang diperhatikan kecuali kalau sudah menimbulkan nyeri dan perdarahan. Istilah hemoroid lebih dikenal sebagai ambeien atau wasir oleh masyarakat awam. Pada penderita hemoroid umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan.
Pada dasarnya hemoroid di bagi menjadi dua, yaitu : hemoroid interna dan hemoroid eksterna. Hemoroid interna terbagi menjadi 4 derajat :
a)      Derajat 1
Pada tahap pertama tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar.
b)      Derajat 2
Pada tahap ke 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri.
c)      Derajat 3
Pada tahap ke 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan.
d)     Derajat 4
Pada Tahap  ke-4 , Ambeien/Wasir akan terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuknya akan mulai tampak jelas bahkan sedemikian besarnya dapat membentuk lingkaran disekitar lubang dubur.
Kebanyakan yang menderita penyakit  hemoroid disebabkan oleh :
1. Pekerja yang duduk disatu tempat berjam-jam
2. Ngeden (ngejan) pada saat buang air besar (susah buang air besar)
3. Duduk di toilet sambil membaca (lama)
4. Diare
5. Sewaktu kehamilan/setelah melahirkan
6. Sering angkat berat
7. Pola makan yang kurang teratur
8. Kurang asupan serat (sayur dan buah-buahan)
9. Faktor Keturunan
Bahan utama obat herbal ini yaitu ekstrak kulit manggis dan ekstrak daun sirsak. Kedua bahan tersebut dapat berperan aktif dalam mengobati penyakit hemoroid yang disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh balik atau pembuluh vena yang berada disekitar anus yang ditimbulkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah sehingga darah bertumpuk dan menimbulkan pembengkakan.
           



















DAFTAR PUSTAKA
Elruri,Nurirjawati.2013.http://nurirjawati.wordpress.com/boutpharmacy/colap/makalah-hemorroid/ diakses tanggal 17 April 2014


 


                                     


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar